10 Program Java Sederhana untuk Melatih Logika Dasar

10 Program Java Sederhana untuk Melatih Logika Dasar

Belajar pemrograman bukan hanya tentang menghafal sintaks, tetapi juga soal melatih logika berpikir secara sistematis dan runtut. Salah satu cara terbaik untuk mengasah kemampuan ini adalah dengan membuat program-program sederhana yang menantang otak tapi tetap menyenangkan.

Bahasa Java sangat cocok untuk pemula karena sintaksnya rapi dan konsepnya kuat dalam Object-Oriented Programming (OOP). Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 program Java sederhana yang bisa kamu buat sebagai latihan harian untuk mengasah logika dasar. Setiap program dilengkapi dengan penjelasan dan cuplikan kode agar kamu bisa langsung mencoba!


1. Program Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap


import java.util.Scanner;

public class GanjilGenap {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan angka: ");
        int angka = input.nextInt();

        if (angka % 2 == 0) {
            System.out.println("Angka genap");
        } else {
            System.out.println("Angka ganjil");
        }
    }
}

2. Program Menghitung Faktorial


import java.util.Scanner;

public class Faktorial {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan angka: ");
        int n = input.nextInt();
        int hasil = 1;

        for (int i = 1; i <= n; i++) {
            hasil *= i;
        }

        System.out.println("Faktorial: " + hasil);
    }
}

3. Program Menampilkan Deret Fibonacci


import java.util.Scanner;

public class Fibonacci {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan jumlah deret: ");
        int n = input.nextInt();

        int a = 0, b = 1;
        System.out.print("Deret Fibonacci: " + a + " " + b);

        for (int i = 2; i < n; i++) {
            int c = a + b;
            System.out.print(" " + c);
            a = b;
            b = c;
        }
    }
}

4. Program Kalkulator Sederhana


import java.util.Scanner;

public class Kalkulator {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan angka pertama: ");
        double a = input.nextDouble();
        System.out.print("Masukkan operator (+ - * /): ");
        char op = input.next().charAt(0);
        System.out.print("Masukkan angka kedua: ");
        double b = input.nextDouble();
        double hasil = 0;

        switch (op) {
            case '+': hasil = a + b; break;
            case '-': hasil = a - b; break;
            case '*': hasil = a * b; break;
            case '/': hasil = a / b; break;
            default: System.out.println("Operator tidak valid"); return;
        }

        System.out.println("Hasil: " + hasil);
    }
}

5. Program Cek Bilangan Prima


import java.util.Scanner;

public class CekPrima {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan angka: ");
        int n = input.nextInt();
        boolean prima = true;

        if (n <= 1) {
            prima = false;
        } else {
            for (int i = 2; i <= Math.sqrt(n); i++) {
                if (n % i == 0) {
                    prima = false;
                    break;
                }
            }
        }

        System.out.println(n + (prima ? " adalah bilangan prima" : " bukan bilangan prima"));
    }
}

6. Program Menghitung Luas Segitiga


import java.util.Scanner;

public class LuasSegitiga {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Alas: ");
        double alas = input.nextDouble();
        System.out.print("Tinggi: ");
        double tinggi = input.nextDouble();

        double luas = 0.5 * alas * tinggi;
        System.out.println("Luas segitiga: " + luas);
    }
}

7. Program Mencetak Pola Bintang Segitiga


import java.util.Scanner;

public class PolaBintang {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan tinggi segitiga: ");
        int tinggi = input.nextInt();

        for (int i = 1; i <= tinggi; i++) {
            for (int j = 1; j <= i; j++) {
                System.out.print("*");
            }
            System.out.println();
        }
    }
}

8. Program Menentukan Tahun Kabisat


import java.util.Scanner;

public class TahunKabisat {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan tahun: ");
        int tahun = input.nextInt();

        if ((tahun % 4 == 0 && tahun % 100 != 0) || (tahun % 400 == 0)) {
            System.out.println(tahun + " adalah tahun kabisat.");
        } else {
            System.out.println(tahun + " bukan tahun kabisat.");
        }
    }
}

9. Program Menjumlahkan Angka dari 1 sampai n


import java.util.Scanner;

public class JumlahAngka {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan angka: ");
        int n = input.nextInt();
        int total = 0;

        for (int i = 1; i <= n; i++) {
            total += i;
        }

        System.out.println("Jumlah dari 1 sampai " + n + " adalah " + total);
    }
}

10. Program Menebak Angka (Tebak-Tebakan)


import java.util.Random;
import java.util.Scanner;

public class TebakAngka {
    public static void main(String[] args) {
        Random rand = new Random();
        int angka = rand.nextInt(10) + 1;
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        int tebakan;

        do {
            System.out.print("Tebak angka (1-10): ");
            tebakan = input.nextInt();

            if (tebakan < angka) {
                System.out.println("Terlalu kecil!");
            } else if (tebakan > angka) {
                System.out.println("Terlalu besar!");
            } else {
                System.out.println("Benar!");
            }
        } while (tebakan != angka);
    }
}

Kesimpulan

10 program sederhana ini bukan hanya latihan teknis Java, tapi juga alat untuk membentuk cara berpikir logis dan sistematis. Semakin sering kamu menyelesaikan program seperti ini, semakin tajam logikamu dalam menyusun solusi dari masalah pemrograman yang lebih kompleks.

Jadikan tantangan ini sebagai agenda harian—buat satu program tiap hari dan pahami cara kerjanya. Boleh diutak-atik, dimodifikasi, atau digabung dengan fitur lain.

Kalau kamu ingin belajar lebih lanjut, kamu bisa lanjut ke topik seperti:

  • Struktur data (Array, ArrayList)
  • OOP (Class dan Object)
  • GUI (Java Swing/JavaFX)
  • Database (JDBC)

Label: Belajar Java, Program Sederhana, Logika Dasar, Coding Pemula

#JavaBasic #BelajarJava #NgodingPemula #ProgramJava #LatihanLogika #TutorialJava #PemrogramanDasar #CodingChallenge

Post a Comment for "10 Program Java Sederhana untuk Melatih Logika Dasar"