Mengenal Pemograman Java

Mengenal Pemograman Java


Java merupakan bahasa pemograman yang dikembangkan dari bahasa C++, sehingga bahasa pemrograman ini seperti bahasa C++. Untuk mendapatkan perangkat lunak Java, dapat di-download di http://java.sun.com/javase. Anda juga dapat men-download dari perangkat NetBeans.

Jika Anda bekerja pada bidang rekayasa perangkat lunak, Anda membutuhkan beberapa perangkat lunak yang sesuai aplikasi yang akan dibuat. Dengan satu perangkat lunak Java, Anda dapat membuat beberapa aplikasi, menangani beberapa bidang atau program (Multi Purpose Pramming) dan sesuai (portable) untuk beberapa sistem operasi.

Perangkat lunak Java memiliki edisi yang lengkap untuk beberapa masalah, yaitu pemograman desktop atau aplikasi, pemograman database atau enterprise, dan pemrograman mobile (handphone).

Apa Java Itu?

Java diciptakan oleh James Gosling dan Patrick Naughton dalam suatu project, dengan kode hijau (Green Code) di Sun Microsystem. Pada mulanya ingin diberi nama OAK dari pohon yang terdapat pada kantor James Gosling, tetapi kata OAK telah ada pada Sun Microsystem, maka diberi nama Java (dari inspirasi minum kopi). Browser pertama yang dapat membaca Java adalah Hot Java. Setelah Browser Netscape dari perusahaan Netscape Navigator dan Internet Explorer dari perusahaan Microsoft Inc dapat membaca script Java, maka bahasa Java semakin populer. Vendor-vendor lain seperti IBM, Orace, Symantec, Inprise (dahulu Borland Inc.) dan perusahaan-perusahaan mobile, seperti Nokia, Siemens, Sony Ericsson, Motorola dan Samsung juga mengadopsi teknologi Java.

Versi Pertama Java, dirilis pada awal tahun 1996, dengan sebutan JDK 1.1 (Java Development Kit versi 1.1), kemudian muncul Java 2 yang dilengkapi dengan Swing, yaitu Teknologi GUI (Graphical User Interface) yang dapat menghasilkan aplikasi desktop.

Pada tahun 1998-1999 diluncurkan teknologi Java yang berbasis Enterprise yang disebut dengan J2EE (Java 2 Enterprise Edition). Teknologi J2EE ini diawali dengan Servlet dan EJBs (Entity Java Beans), kemudian diikuti dengan JSP (Java Server Page).

Mengapa Belajar Java

Bejalar Java lebih penting dari bahasa pemrograman lain, karena bahasa Java memiliki teknologi lengkap, antara lain dekstop, database, game dan mobile. Bahasa Java juga memiliki ciri (karakteristik) seperti berikut.

1. Sederhana

Java merupakan bahasa yang sederhana, sehingga untuk pemula tidak terlalu sulit untuk mempelajarinya. Struktur program Java terdiri atas mengimpor paket (import package) dan class dibuat oleh user dan class utama (main).

2. Berorientasi Objek

Bahasa Java merupakan bahasa pemograman berorientasi objek. Untuk mempermudah Anda belajar program ini, Anda harus mengerti class, object, property dan method, atau Anda belajar OMT (Object Modeling Technique). Bahasa pemrograman objek merupakan paradigma baru, di mana dalam membuat program kita memperhatikan objek, kemudian perilaku, kajadian (event) dan hubungan antar objek tersebut.

3. Mudah Didistribusikan

Java dilengkapi dengan libary jaringan (networking), sehingga mudah dalam pendistribusiannya. Library tersebut mudah untuk dihubungkan dengan protokol internet (TCP/IP), seperti HTTP dan FTP (protocol transfer file).

4. Robust

Java memiliki mode pointer, sehingga dapat mengatasi masalah penimpaan (overwriting) dan kerusakan data (data corrupt), sehingga Java merupakan bahasa Robust (sempurna).

5. Aman

Program Java dikompilasi untuk menghasilkan bytecode, yang dijalankan oleh Interpreter, sehingga program Java bebas Virus.

6. Portable

Source code (program sumber) Java dapat dipindahkan ke platform lain yang berbeda tanpa harus dikompilasi ulang.

7. Multiplatform
Aplikasi Java tidak tergantung pada format tertentu, sehingga sekali ditulis dapat dijalankan di mana saja, seperti di Linux, Windows, Solaris dan Mac. Istilah itu dikenal dengan slogan "write once, run eferywhere" (WORA).

8. MultiThread

Aplikasi Java dapat dibuat multithread atau menjalankan beberapa proses secara bersamaan dan simultan.

9. Interpreter

Setiap program Java yang dikomplikasi menghasilkan bytecode yang dapat dijalankan pada mesin apa saja, asalkan ada JVM (Java Virtual Machine) yang di dalamnya terdapat JRE (Java Runtime Environment).

10. Performance

Java memiliki fitur mengatur memory yang tidak digunakan (garbage) secara otomatis, sehingga performance-nya dapat diandalkan.

11. Dinamis 

Penambahan property dan metode di dalam kelas, tanpa mengganggu kerja kelas tersebut, sehingga Java bekerja lebih dinamis.

12. Banyak API (Application Programming Interface)

Java memiliki banyak API atau aplikasi untuk menangani masalah tertentu, seperti masalah dokumen XML (JAXP), Java untuk menggambar dua dimensi (Java 2D API), manipulasi database MySQL (MySQL Connector), pengolahan perangkat lunak spreadsheet Excel (JXL), pemrograman port (Jcomm) dan lain-lainnya.

Perkembangan Java

Dari diperkenalkan pertama kali pada tahun 1995, lalu Java JDK 1.1 dirilis awal tahun 1996, hingga sekarang yang terbaru adalah J2SE 1.8, Java  terus berkembang dengan pesat. Demikian juga untuk edisi yang lain, J2EE dan J2ME.

Memasang Java di Komputer Anda
Sebelum Anda belajar lebih dalam (detail) tentang Java, Anda harus menginstalasi Java (memasang  Java) pada komputer. Perlu diperhatikan sebelum sebelum instalasi adalah spesifikasinya modern, dapat menginstal Java Versi yang tinggi, seperti J2SE 1.7, tetapi jika spesifikasinya rendah, lebih baik versi Java-nya rendah, seperti J2SE 1.4.

Simak Cara Install Program Java di Windows berikut.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Instal Program Java Di Windows XP

Contoh HTML Sederhana 2

Contoh HTML Mulai Rumit